Perjalanan Masuk Universitas favorit

Assalamualaikum wr.wb
Gue mau cerita sedikit nih tentang kisah hidup gue masuk universitas, yang pertama seleksi setelah lulus SMA adalah SNMPTN. Tahun ini 2016 kuota untuk SMNPTN dikurangi , tidak 100% boleh ikut SNMPTN. Sekolah gue itu udah meranking tuh, ya sebagai gambaran aja siapa yang bakal ikut seleksi SNMPTN dan siapa yang tidak. Gue di rangking sekolah itu ada kemungkinan bakal  ikut seleksi SNMPTN , wah gue seneng banget tuh meskipun itu sebagai gambaran aja. Gue banyak ngedenger cerita orang-orang yang di gambaran rangking itu bakal gak ikut seleksi SNMPTN. Ya kasian juga sih, ada yang putus asa, ada yang acuh karena dia udah yakin ga masuk, ya karena emang nilai dia pas-pasan. Jadi dia langsung fokus ke SBMPTN.
Setelah menunggu siapa aja yang masuk atau tidaknya buat ikutan seleksi SNMPTN, TIBA-TIBA gue langsung nge down, oh my god gue ga bisa ikut seleksi SNMPTN. Asli gue kecewa banget pas hari itu. Trus gue nanyain tuh ke orang-orang yang dalam gambaran rangking sekolah itu bakal ga ikut seleksi, ehh.. aneh tapi nyata, sebagian dari mereka ada yang bisa ikutan seleksi SNMPTN, wah gue tambah nge down dong. Gue berpikir “anzing gue bodo amat sih jadi manusia”.
Setelah lumayan lama lah nge down, gue fokus belajar untuk ikutan seleksi SBMPTN dan mau masuk UGM. Gue berjuang tuh beli buku SBMPTN nya, gue baca-baca hingga nanya ke temen-temen kelas gue yang emang jago dalam mata pelajaran tertentu. Tapi, kata babeh gue coba ikutan tes PKN STAN, gue daftar dong dan gue juga dikasih bukunya sama si babeh. Jadi gue rada ga fokus belajar, karena materi ujian PKN STAN dan materi ujian SBMPTN sedikit berbeda bro. Gue terpaksa dong belajar dua-duanya untuk bisa tembus universitas favorit.
Pas hari H nya tes PKN STAN, gue orang GARUTkan tapi gue memilih tes di jakarta padahal di cimahi bandung juga ada, tolol nya gue. Ya terpaksa deh gue berangkat ke jakarta sama temen gue yang memilih tes di jakarta dan tes nya itu di Gelora Bung Karno. Pas gue nyampe disana, “gilaa... ini tes atau nonton bola, banyak amat”kata gue. Menurut gue matematikanya sangat mudah bro,. And setelah tes PKN STAN itu. Gue nunggu sambil belajar buat SBMPTN. Akhirnya dibuka tuh pengumuman kelulusan test tahap satu PKN STAN, yah gue ga masuk , sialan. Itu baru awal dari serangkaian kesialan gue.
Oh iya sebelumnya gue ikutan you know PMDK POLBAN, dan POLMAN. Hasilnya apa, udah tau dong nihil nol besar. Ga tembus , ga lulus. Anjrit perasaan nilai gue ga jelek-jelek amat. Yang bikin aneh lagi bro, temen gue yang nilai rapotnya hampir sama dengan gue, tembus POLBAN brooo... oh shit, gue yang bodoh, atau gue yang salah pilih jurusan gitu.
Ya kembali lagi ke setelah test PKN STAN, pada hari H test SBMPTN di bandung, gue mengerjakannya itu seteliti mungkin , sebisa mungkin. Ehh ternyata setelah pengumuman SBMPTN dibuka MASIH belum tembus juga, ya tuhan gue kuliah dimana, masa gue ga kuliah atau nunggu 1 tahun. Wah disitu mulai sedikit frustasi tuh, apalagi tekanan dari sang orang tua yang harus masuk universitas negeri. Tambah ditekan, tambah stress. Dan gue mulai melihat-lihat Ujian mandiri yang dibuka oleh beberapa Universitas negeri.
Gue memutuskan untuk ikutan ujian mandiri POLBAN, UNSOED, UPI, dan UNSIL. Kalo ada yang belum tau, tahun 2016 ini unsil baru menjadi universitas negeri, dan first time ikutan SNMPTN, SBMPTN, dan membuka jalur mandiri. Tanggal 23, 24, 25 juli. Berturut-turut test POLBAN di bandung, UNSOED test di Tasikmalaya, UPI test di bandung. Touring ujian ya gue, wkwkwk..
Yang pertama itu tes POLBAN, sebelum test seperti biasa gue belajar dan ada sobat gue yang ngajakin belajar bareng di rumah salah satu temen kelas gue.Tau kan kalo udah lulus SMA uang jajan tuh gak dikasih. gue bingung kan, mau belajar bareng tapi ga punya uang, kepikiran lah gue ngejual SD card (memory handphone) ke temen deket rumah gue. memory kesayangan gue itu, tapi biarin lah pengorbanan demi menggapai cita-cita. Akhirnya bisa belajar bareng dirumah temen gue.
Tibalah hari dimana tes POLBAN itu dilaksanakan, gue berangkat ke bandung with abay. Karena katanya dia gak tau daerah bandung. Setelah di bandung, gue udah janjian mau tidur dikosan kaka kelas alumni sekolah gue, tapiii... setelah dihubungi kata dia udah penuh dikosannya. Bingung dong. Dari sore sampe jam 7 malem, masih belum nemuin tempat tidur. Besoknya test POLBAN lagi, bingung banget pokonya, kalo lo ada di posisi gue sama abay. Ga akan kuat deh. Kata si abay, hayulah kita ke polban aja. Ya gue setuju-setuju aja sih. Setelah tiba di polban gue langsung ke mesjid polban untuk rehat sejenak dari penatnya nyari tempat tidur. Dan kata si abay “bingung-bingung teuing mah dimesjid polban aja we tidurnya”. Gue mah hayu hayu aja. Udah lumayan lama di mesjid polban, ada yang ngontek kita buat ya ketemu dulu bicarain soal gue sama abay tidur dimananya. Setelah itu kita caw lah ke parkiran, mukzijat tuhan turun, tuhan memberikan pertolangan. Diparkiran ada temen SMP gue yang habis nge cek tempat ujian namanya mamay dan rehan abyan. Dan gue langsung inisiatif lah nanyain, tidur dimana. Trus minta tolong mereka untuk gue sama abay ikut tidur bareng mereka. Akhirnya mereka setuju, gue sama abay ngemplong banget, asli.
Setelah test POLBAN, gue harus langsung pulang ke garut dan berangkat ketasik untuk mengikuti test ujian mandiri UNSOED di SMAN 1 TASIKMALAYA. Alhamdulillah test ujian mandiri UNSOED lancar-lancar aja.
Setelah test ujian mandiri UNSOED, malemnya kira-kira jam 9 malam. Gue harus pergi ke UPI karena test nya gue kebagian pagi-pagi. Ya gue caw jam 9 malem with suneo temen gue deket rumah. Gue berangkat ke bandung dengan motor bodong, lampu hitam semua, pokonya setelan gangster we wkwk.. kacau banget gue ya, kalo pas di perjalanan ada razia polisi. Wah udah tuh gue ga bisa ikutan test mandiri UPI, untungnya ga ada raziaan. selamet deh gue.
Tibalah di UPI sekitar jam 12 malem, gue minta ijin ke satpamnya untuk ikut tidur di mesjid UPI karena emang gak tau lagi mau tidur dimana. Untungnya satpam UPI baik, dan ngasih ijin untuk tidur disana. Huh ngemplong nya pikiran gue pada waktu itu. Tibalah gue saat-saat mendebarkan UJIAN MANDIRI UPI, test nya CBT. Yang pertama test soal bahasa inggris sebanyak 50 soal dengan waktu 60 menit lebih. Terus yang kedua test TPA dengan total soal sekitar 110 lebih dengan waktu 60 menit lebih. Yang ketiga test Saintek, lupa lagi berapa total soalnya dan seinget gue waktunya lebih panjang dari test inggris dan TPA. Yang pagi-pagi itu dari jam 7 sampai jam 11.30 . lama banget ya. Kasian temen gue nungguin dari jam 7 sampai 11.30 di parkiran UPI. Duh dosa ya gue. Akhirnya gue pulang ke Garut kota tercinta, untuk rehat dari serangkaian test yang telah gue laluin.
Setelah nunggu beberapa hari, yang pertama dibuka test mandiri POLBAN , gue masih belum lulus, sueeee... yang kedua test mandiri UPI, alhamdulillah gue LULUS bro, wah gue langsung sujud syukur tuh. Kata gue “ gini ya rasanya diterima universitas favorit”. Pokoknya gue disitu langsung ngerayain bareng temen-temen deket rumah gue.  Yang ketiga dibuka test UNSOED , yahh gue gak lolos. Udah rezekinya kali harus masuk UPI jurusan KIMIA.
Yang terakhir ujian mandiri UNSIL (universitas siliwangi) dengan cara CBT. Soal nya tuh 75 soal dengan total waktu 75 menit. Kebanyakan sih soalnya TPA dan asli mudah banget menurut gue. Tapi... anehnya gue juga ga tembus , ga lulus ujian mandiri UNSIL. Kacau ya gue.
Intinya kawan dari cerita gue, jangan menyerah terus berjuang, tuhan akan memberikan jalan. Apapun rintangan dan halangan di depan, tobros terus sampai menemukan apa yang menjadi mimpi kalian. Dan yang paling penting, ini motto gue ya “lakukan, apa yang kamu yakini itu benar!”
Gue frozhenttime, sekian dari gue. Wassalamualaikum Wr.Wb.

Oh iya, kalo ada yang mau soal SBMPTN 2016, soal TKPA dan bahasa inggris PKN STAN 2016, soal UNSOED 2016, dan soal POLBAN 2016. Nanti gue upload ya.. see you next time. Pantengin terus blog ini.
Bagikan :
+
Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Perjalanan Masuk Universitas favorit"
 
Copyright © 2015 ARSITEKTUR - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top